tes buat web 2
Hijab Printing Bandung

Hijab Printing Bandung

Cetak Profit Belasan Juta Pertama Anda di Instagram

Instagram (IG) adalah aplikasi yang dapat dijalankan di perangkat mobile seperti smartphone dan tablet yang fungsi utamanya adalah sebagai media untuk berbagi foto dan video. Pengguna aktif bulanannya alias monthly active user (MAU) instagram tembus 1 miliar per Juni 2018. Pertumbuhannya paling signifikan dibandingkan Facebook dan Snapchat, yakni mencapai 5% dari kuartal ke kuartal (QoQ).  Jumlah tersebut lebih dari dua kali lipat pengguna aktif bulanan Twitter dan lebih dari tiga kali lebih banyak dari pengguna WhatsApp dan Facebook Messenger. Dengan instagram, pengguna dapat lebih mudah untuk membagikan foto ataupun video yang sudah dibuatnya kepada dunia maya secara langsung tanpa terbatas ruang dan waktu. Itulah sebabnya instagram menjadi platform sosial media unggulan untuk berbisnis.  Jika Anda pemula dan ingin memulai berjualan online, instagram dapat Anda manfaatkan. Selain gratis, penggunanya banyak, cara mengoperasikan jualan di Instagram juga mudah. Menurut survey, produk fashion dan kecantikan menempati urutan tertinggi produk yang paling banyak dicari dan dibeli via instagram ataupun marketplace. Bagaimana agar produk Anda dibeli oleh orang lain? Rumusnya sebenarnya sederhana :

“Foto yang Menarik + Deskripsi yang Menjual & Meyakinkan + Hashtag yang Relevan = Penjualan”

Masih bingung bagaimana mempraktekkan rumus di atas? Yuk kita bahas poinnya satu per satu. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk berjualan di instagram, agar produk anda cepat laku :

  1. Miliki Smartphone dengan Kualitas Foto dan Video yang baik

Kualitas foto produk yang baik merupakan syarat utama agar dapat menarik minat calon pembeli produk anda di instagram. Bagi Anda yang belum mampu menyewa jasa seorang fotografer profesional jangan berkecil hati, saat ini dengan kualitas kamera smartphone yang mumpuni dan didukung dengan pengambilan angle yang tepat, Anda dapat membuat foto produk bak dijepret seorang fotografer profesional. Sungguh praktis dan tentu saja hemat bukan?

Foto produk merupakan modal utama untuk memasarkan produk anda secara online. Pastikan foto dan video yang Anda unggah memiliki resolusi yang baik dan tepat, karena foto dan video yang menarik dapat meningkatkan kepercayaan konsumen. Jangan asal untuk meng-upload foto, Anda harus memilih dengan baik foto produk yang ingin Anda tampilkan di akun jualan Anda. Jika Anda tidak bisa menampilkan foto yang baik di Instagram, bagaimana Anda dapat meyakinkan calon pembeli Anda dengan kualitas barang yang Anda jual? Lebih baik Anda tidak mengunggah apapun dibandingkan Anda asal meng-upload foto yang resolusinya tidak tinggi. Upload foto dengan resolusi minimal 800 x 600 pixel agar foto yang diunggah tidak pecah. Jika Anda menjual produk yang dapat dipakai, jangan hanya mengunggah foto produk tanpa model saja , Anda disarankan untuk menggunakan model karena postingan dengan menggunakan model lebih banyak disukai dan mendapatkan lebih banyak respon.  Hal ini sejalan dengan hasil penelitian yang mengungkapkan foto wajah mendapatkan 38% like lebih banyak.

  1. Buat Akun Instagram Menggunakan Nama Brand Jualan Anda

Jika Anda menjadi seorang pembeli online, anda lebih memilih membeli di akun instagram dengan nama personal atau akun brand/toko? Jawabannya pasti dari akun brand/toko karena terlihat lebih profesional dan dapat dipercaya. Jika Anda ingin memanfaatkan instagram untuk berjualan, anda lebih baik membuat akun instagram khusus yang mengatasnamakan brand atau toko anda. Hal ini dikarenakan, dengan membuat akun khusus brand, brand anda juga akan semakin dikenal luas. Strategi pemasaran tidak melulu berfokus pada pemasaran produk yang anda jual saja, yang lebih penting justru adalah bagaimana Anda memasarkan brand Anda tersebut. Brand yang semakin dikenal luas dan mendapatkan reputasi yang baik di kalangan konsumen, sangat efektif untuk meningkatkan penjualan Anda.

Jangan kunci instagram Anda dan migrasikanlah akun Anda menjadi akun bisnis agar lebih profesional. Keuntungan dengan menjadikan akun jualan Anda menjadi akun bisnis adalah Anda akan mendapatkan informasi & insight yang lebih komprehensif mengenai followers Anda, seperti : asal kota mayoritas dari followers anda,rekomendasi  jam dan hari posting konten, dll sehingga Anda dapat dengan mudah dapat meramu strategi promosi yang lebih tepat untuk target market yang tepat.

  1. Lengkapi Profil Akun Jualan Anda dengan Biodata yang Jelas

Pastikan Anda mengisi dengan lengkap data Anda agar memberikan opsi kepada konsumen untuk memilih bagaimana cara mereka untuk menghubungi anda. Untuk profil, usahakan juga Anda menulis secara singkat tentang tema produk yang anda jual, misalnya : hijab printing, muslim fashion, home décor, kids apparel, dll. Jangan lupa untuk cantumkan hal-hal berikut ini di profil Anda:

  • Foto Profil : gunakan foto yang memuat logo brand Usahakan untuk tidak menggunakan foto produk yang anda jual apalagi foto diri Anda sendiri, karena hal ini akan memperburuk citra brand.
  • Nama : Anda dapat mencantumkan nama brand Anda di profil/bio. Gunakanlah nama yang unik dan relevan
  • Biodata : Anda dapat menuliskan tema produk yang anda jual dan tuliskan juga #hashtag yang relevan dengan produk yang anda jual agar mudah dicari
  • Kontak : Silahkan isi no hp/whatsapp, id line, pin bbm,email dll agar konsumen dapat lebih mudah untuk menghubungi Anda
  • Website : cantumkan juga link website anda, atau kalaupun Anda belum memiliki website cantumkan tautan (link) marketplace yang anda miliki.

Bagikan artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on whatsapp
Scroll to Top